Tim Peduli Lakpesdam NU Cilacap Kunjungan ke Bonokeling dan Daun Lumbung

makam-bonokelingTim Peduli Lakpesdam NU Cilacap melakukan kunjungan ke Bonokeling, Pakuncen Kabupaten Banyumas dan Daun Lumbung Kabupetan Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (28/5). Kedua tempat ini merupakan tujuan ritual dalam ‘Punggahan’ dan ‘Pudunan’ Adat Tradisi Anak Putu (ATAP) Kalikudi Kecamatan Adipala, Cilacap.
Ke Bonokeling, Paguyuban ATAP Kalikudi, yang terdiri dari Paguyuban Resik Kubur Rasa Sejati (PRRS) dan Puji Mulya, dan penganut kepercayaan di Cilacap akan berjalan kurang lebih 30 kilometer dalam ritual Punggahan yang tahun ini bakal digelar pada 11 Juni 2015 mendatang.
atap-kalikudi-adipalaDi Bonokeling, Tim Peduli Lakpesdam NU yang didampingi pemuka penghayat kepercayaan ditemui oleh Juru Kunci. Tim Peduli Lakpesdam meminta izin untuk memvideokan ritual yang akan dilakukan dua pekan mendatang tersebut.
Assesment Tim Peduli Lakpesdam dilanjutkan ke Daun Lumbung, Cilacap. Disana, tim ditemui oleh juru kunci yang merupakan generasi ke-13. Daun Lumbung merupakan lokasi Pudunan Paguyuban ATAP dan penghayat kepercayaan Resik Kubur Jero Tengah (PRKJ) Cilacap. Pudunan dilakukan pada syawal mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*