Serunya Sesi Ta’aruf Pelatihan Jurnalisme Online dan Optimalisasi Media Sosial

saiful-fasilitasi

Saiful Musta’in Memfasilitasi Sesi Ta’aruf

Suara tawa riang membahana hingga luar Aula Alameda Hotel Moroseneng, Baturraden pada Sabtu malam (25/11/2017). Puluhan peserta Pelatihan Jurnalisme Online dan Optimalisasi Media Sosial bergembira pada sesi perkenalan (ta’aruf).

Kegembiraan terbangun saat Saiful Musta’in memfasilitasi perkenalan antarpeserta dengan cara yang unik. Ketua Lakpesdam PCNU Cilacap ini menggunakan permainan edukasi untuk membangun nilai kompetisi sekaligus keakraban antarpeserta. Hasilnya, sesama peserta saling mengenal nama, jumlah saudara kandung, tinggi badan, ukuran lengan baju, hingga usia.

Peserta berkelompok dalam enam nama inspiratif, yaitu Sahabat Lakpesdam, Cilacap Inklusif, Generasi Bijak, Kita Peduli, Kader Perdamaian, dan Kader Inklusi. Sekanjutnya, Saiful memberikan instruksi dan peserta mengikuti perintah tersebut.

“Coba kalian baris sesuai urutan abjad nama,” ujarnya.

Secara spontan, peserta berdiskusi saling tanya nama. Tanpa disadari, peserta mengenal nama teman dalam kelompoknya. Setelah saling kenal, perwakilan kelompok memperkenalkan seluruh anggotanya.

Teknis fasilitasi yang dipilih Saiful mampu mencairkan suasana dan mengakrabkan peserta yang berasal dari lembaga PCNU Cilacap dan badan otonomnya. Pada siang harinya, peserta sudah menyepakati kontrak belajar, berdiskusi tentang media dan strategi membumikan nilai inklusi serta jurnalisme online dan teknis penulisan jurnalistik.

Peserta mampu menyelesaikan sesi malam dengan fokus hingga pukul 22.00 WIB. Mereka menikmati keseruan dalam mengenal kawan.

(Kang Narto, PC PG Ansor Cilacap)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*