Pentingnya Pola Asuh dan Perlindungan Anak

lakpesdam-pelatihan-pola-asuh

Fasilitator memfasilitasi kontrak belajar

Lakpesdam PCNU CIlacap menyelenggarakan Pelatihan Pola Asuh dan Perlindungan Anak pada Sabtu-Senin (22-24/10/2016). Acara yang berlangsung di Queen Garden Hotel Baturraden ini merupakan Program Peduli dengan topik Penguatan Nilai dan Tradisi Inklusi Sosial dalam Penanggulangan Ekslusi terhadap Anak.

Dalam pembukaan, Ahmad Muttaqin dari Lakpesdam PCNU Cilacap menganalisis tentang ekslusi anak. Menurutnya, buku ajar anak sekolah dasar (SD) tanpa sadar mengandung ekslusi, misalnya materi memuliakan orang tua. Ketika memanggil orang tua, memanggilnya mamah, bunda, ayah. Tapi tidak disebutkan untuk memanggil sesuai kearifan lokal masing-masing. Jadi, sampai sekarang anak-anak malu untuk memanggil Mboke, Biyunge (sebutan lokal).

Erni Suharti, SH.MSi., Kasubid Peningkatan Kualitas Hidup Anak pada Papermas PP PA KB Kabupaten Cilacap bercerita bahwa permasalahan anak sangat kompleks sehingga tidak bisa ditanggung oleh satu pihak saja. Di Cilacap, permasalahan anak tergolong mengerikan. Hasil rapat dengan Komisi Perlindungan Aids belum lama ini, ternyata ada anak SMA yang sudah terkena HIV/Aids. Artinya, mereka sudah melakukan sejak usia 12-13 tahun karena masa deteksi HIV/Aids adalah 5 tahun.

Panitia mengundang pelbagai pihak yang berkepentingan dengan tumbuh kembang anak. Pihak tersebut adalah guru-guru PAUD, TK, SD dan MI khususnya guru-guru di Desa Kalikudi, wakil dari pemerintah desa, wakil dari lembaga desa, SKPD terkait (Kemenag, Disdikpora, Dinsosnakertrans, Bapermas PP PA KB), lembaga-lembaga peduli terhadap pendidikan dan perlindungan anak (Himpaudi, IGTK, IGRA, KPAI, Citra Cilacap), ormas, dan Badan Otonom NU.

Yahya Ma’sum (Mantan Pengurus Lakpesdam PBNU) selaku fasilitator pada Sabtu malam (22/10) mengajak peserta mendiskusikan nilai-nilai tradisi inklusi sosial dalam pendidikan anak. Menurutnya, semua agama mengajarkan kebaikan-kebaikan, khususnya anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*