Lembaga Desa dan Kemasyarakatan Harus Aktif dalam UUDesa

pelatihan penguatan uudesa bagi BPD, LPMD, MWC NU, dan Lembaga Adat

pelatihan penguatan uudesa bagi BPD, LPMD, MWC NU, dan Lembaga Adat

Desa dikembalikan menjadi jati dirinya, desa dalam prinsipnya nomer 6 diberikan kewenangan yang lebih. Dalam tahun 2016 itu mempunyai anggaran yang lebih untuk dikelola menyesuaikan dengan kearifan budaya dari desa itu sendiri.

Sebagai bentuk kelanjutan dari kegiatan yang diadakan satu minggu yang lalu terkait pelatihan membuat infografis APBDesa di Desa Jeruk Legi Kulon Kecamatan Jeruk Legi Kabupaten Cilacap, Lakpesdam NU Cilacap mengadakan Pelatihan Penguatan Lembaga dan Kemasyarakatan Desa. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis-Sabtu 23-25 Juni 2016 merupakan bagian dari program peduli – Lakpesdam PCNU Cilacap Menuju Desa Berdaya dan Inklusif.

Menurut Ahmad Muttaqin, selaku Sekretaris Lakpesdam PCNU Cilacap mengungkapkan dalam pelatihan ini diharapkan Lakpesdam PCNU Cilacap mendapat feed back (umpan balik) dari desa itu sendiri. Desa-desa yang semangat mengikuti pelatihan, akan diberikan pendampingan lanjutan.

Peserta yang hadir dalam acara tersebut terdiri dari empat elemen yang ada di desa, yaitu BPD, LPMD, MWC NU, dan Lembaga Adat Desa dari desa-desa yang berasal dari kabupaten cilacap. Lembaga-lembaga tersebut punya peran yang penting dalam penerapan undang-undang desa.

“Dua tahun terakhir, kami fokus kepada desa karena isunya terkait dengan undang–undang desa. Dari BPDnya dan LPMDnya bahkan sampai seluruh aspek masyarakatnya. Dari forum ini diharapkan bpd bisa lebih partisipatif lagi” Ungkap Saiful Musta’in selaku ketua Lakpesdam PCNU Cilacap.

“Lakpesdam menjadi salah satu lembaga yang ada di PCNU Cilacap untuk melakukan pelatihan di seluruh masyarakat. Dari Lakpesdam ada progam pemberdayaan masyaarakat di antaranya adalah forum warga buruh migran dan forum-forum warga yang lainnya.  Dan ini fungsinya adalah untuk seluruh elemen masyarakat. Contoh di kampung laut dengan pendekatan kesejahteraan dan bukan pendekatan keagamaan dari lakpesdam dengan forum warganya.”Imbuh Saiful

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*