Lakpesdam Terima Paket Pelatihan untuk Eks-Buruh Migran

hibah-lakpesdam-cilacapCilacap : Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber  Daya Manusia (Lakpesdam) NU Cilacap, Senin (22/9) menerima bantuan hibah dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah berupa 100 paket mesin jahit dan peralatan pembuatan kue kering dan pelatihan.

Paket bantuan ini ditujukan bagi 100 orang eks-buruh Migran dari 3 wilayah pendampingan Lakpesdam NU masing-masing Kecamatan Adipala, Binangun, dan Nusawungu.

Ketua Pengurus Pimpinan Cabang Lakpesdam NU Cilacap, Syaiful Mustangin menjelaskan pelatihan yang diberikan pihak provinsi Jawa Tengah terdiri dari 4 jenis masing-masing pelatihan membuat bakso ikan, pudding, kue kering, dan menjahit.

“Untuk tahap pertama yakni pelatihan pembuatan pudding kue kering dan bakso ikan hari ini dilakukan di Kabupaten Banjarnegara selama seminggu ke depan” katanya.

Selain paket pelatihan, para peserta nantinya juga menerima bantuan peralatan untuk kegiatan produksi sebagai tindak lanjut pelatihan tersebut.

Ia berharap melalui pelatihan yang diberikan ini mampu meningkatkan perekonomian para peserta, meningkatkan daya beli, dan kualitas hidup.

“Sehingga mereka tidak lagi memiliki keinginan untuk bekerja di luar negeri bahkan nantinya bisa membuka lowongan kerja bagi warga yang lain” tegasnya.

Seperti diketahui selain mencermati APBD Cilacap, Lakpesdam NU Cilacap juga fokus pada pendampingan warga eks-buruh migrant.

Pembentukan forum warga buruh migrant ini sebagai bentuk kepedulian Lakpesdam NU, agar mereka bisa mandiri dan tidak lagi berpikir kembali bekerja di luar negeri. Sumber : Yes FM Cilacap.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*