Lakpesdam PCNU Cilacap Berbagi Teknik Menulis Konten yang Menarik

sukarni-lakpesdam-pcnu-cilacap

Sukarni (berjilbab) berfoto peserta dan Ketua Lakpesdam PCNU Sampang (kiri)

Lakpesdam PCNU Cilacap berbagi Teknis Menulis Konten yang Menarik pada Pelatihan Relawan Cyber Inklusi Lakpesdam PCNU Sampang. Sukarni pada Rabu (6/9) mendampingi peserta pelatihan untuk memproduksi konten positif.

Ketua Lakpesdam PCNU Sampang, Akhmad Faisol Ramdhoni, berharap anak-anak muda Nahdlatul Ulama Sampang mempunyai keterampilan dalam melakukan gerakan dan mengelola media sosial. Oleh karenanya, dia dan tim merancang pelatihan selama berlangsung tiga hari Rabu-Jumat (6-8/9/2017) di Hotel Wisata Camplong, Sampang.

Cak Isol, demikian panggilan Akhmad Faisol Ramdhoni menerangkan pelatihan bertujuan melatih peserta untuk menyebarkan konten positif dan inklusif guna melawan hoax dan hate speech.

Menurut Sukarni, ada beberapa tips menulis konten yang menarik.

Pertama, pembaca tertarik membaca tulisan hingga selesai. Jika kontent berupa straight news, mereka cukup membaca pada paragraf pertama-kedua.

Kedua, tulisan secukupnya atau tidak terlampau panjang.

“Sebaiknya menghindari paragraf lapangan bola,” ujar Sukarni.

Perempuan berkacamata ini menjelaskan paragraf lapangan bola itu adalah paragraf yang salah satu cirinya dipenuhi kalimat majemuk.

Ketiga, mulai menulis kalimat pertama dengan mendeskripsikan atau menulis kalimat aktif. Salah satu rumusnya adalah (siapa) menyelenggarakan (apa) atau (siapa) mengikuti (apa). Misalnya, Lakpesdam PCNU Sampang menyelenggarakan Pelatihan Relawan Cyber Inklusi. Karang Taruna Pangerangan Mengikuti Pelatihan Relawan Cyber Inklusi.

Keempat, menentukan judul yang tepat.

“Judul yang nyentrik atau menggambarkan isi,” papar Sukarni yang juga Relawan TIK Kementerian Komunikasi dan Informatika Pimpinan Daerah RTIK Kabupaten Purbalingga.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*