Lakpesdam NU Cilacap Adakan Pelatihan untuk Buruh Migran

logo-Lakpesdam-300x190Cilacap NU Online
Pusat Teknologi Komunitas (PTK) Rumah Internet TKI (Mahnettik) Cilacap yang dikelola oleh Pengurus Cabang Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PC Lakpesdam) NU Kabupaten Cilacap menyelenggarakan pelatihan pengelolaan informasi buruh migran, minggu lalu.

Pelatihan ini dilaksanakan di dua tempat, Hotel Paradise jalan Ahmad Yani nomor 7, Sidareja Cilacap dan PTK Mahnettik. Para peserta beberapa kecamatan yang ada di KabupatenaCilacap, Jawa Tengah.

“Bekal pengetahuan ini wajib dimiliki para buruh migran, sehingga pengetahuan tersebut dapat dijadikan pelindung ketika suatu saat mereka menghadapi berbagai persoalan di tempat kerja,” ujar Akhmad Fadli (32), aktivis Lakpesdam NU Cilacap yang menjadi fasilator pelatihan tersebut.

Setiap buruh migran, menurut Fadli, harus memiliki informasi dan pengetahuan yang baik seputar pekerjaan mereka.

“Di antara banyaknya kasus kekerasan yang muncul dan menimpa para buruh migran di luar negeri sebagian besar adalah disebabkan oleh minimnya informasi dan pengetahuan yang mereka miliki tentang perburuhmigranan. Pemberdayaan buruh migran melalui pengelolaan informasi dan pengetahuan ini merupakan salah satu solusi mengatasi karut-marutnya pengelolaan buruh migran di Indonesia selama ini,” jelasnya.

Hingga hari ini, kegiatan pelatihan pengelolaan informasi buruh migran telah diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. (us/hh)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*