Lakpesdam Hadiri Rakor Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Cilacap

lakpesdam-hadiri-rakor-penanggulangan-kesmiskinan-cilacap

Lakpesdam Hadiri Rakor Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Cilacap

Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (Lakpesdam PCNU) Kabupaten Cilacap, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Cilacap Tahun 2018 pada Jumat (13/4/2018)

Rakor yang bertempat di Ruang Rapat Kantor Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Cilacap ini dibuka oleh Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rahman. Beliau juga Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Cilacap.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Cilacap menginstruksikan agar kegiatan-kegiatan yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan agar dipertajam lagi, tidak hanya kegiatan yang bersifat pemberian informasi seperti sosialisasi. Menurutnya, sosialisasi itu perlu, tapi lebih baik kegiatan langsung berupa aksi yang mengena sasaran, kegiatan yang langsung berdampak signifikan terhadap penurunan angka kemiskinan.

Kabupaten Cilacap sampai dengan tahun 2017, masih menduduki posisi 11 Kabupaten termiskin di Jawa Tengah. Artinya, Kabupaten Cilacap berada di zona merah dengan prosentase penduduk miskin sebesar 13,94% atau setara dengan 238.300 jiwa. Sehingga harus ada upaya akselerasi untuk menanggulangi kemiskinan yang ada.

Lakpesdam PCNU Cilacap merupakan anggota TKPKD pada Kelompok Program Penanggulangan Kemiskinan yang Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Pengangkatannya berdasarkan Surat Keputusan Bupati Cilacap Nomor 414.2/241/37 Tahun 2018 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Cilacap.

Anggota lain TKPKD Kabupaten Cilacap, yaitu Asisten Administrasi SEKDA Cilacap sebagai Ketua Kelompok, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades), Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Kepala Dinas Perikanan, Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Cilacap, Ketua PD Muhammadiyah, dan Camat se-Kabupaten Cilacap.

Lakpesdam PCNU dianggap mampu untuk berkontribusi nyata terhadap penanggulangan kemikinan di Cilacap dari sisi pemberdayaan masyarakat, mengingat selama ini Lakpesdam PCNU Cilacap merupakan lembaga yang salah satu konsen aktivitasya adalah untuk mengorganisir dan memberdayakan masyarakat.

(Penulis: Ahmad Fajri Nida)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*