Desa Segaralangu Terbitkan Kebijakan Inklusif

musthofa (kanan)

Desa Segaralangu menerbitkan kebijakan inklusif. Kebijakan yang dimaksud adalah Penetapan Petugas Pengurus Jenazah untuk Agama Kristen, Budha, dan Aliran Kepercayaan. Keputusan Kepala Desa Segaralangu bernomor 11 tahun 2018 memberikan kegembiraan bagi Katim.

Katim, salah satu pemuka penghayat kepercayaan di desa yang masuk wilayah Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, dia merasa senang mendapatkan kabar dirinya menerima insentif.

“Saya baru pertama kali menerimanya,” tuturnya.

Kepala Desa Segaralangu, Musthofa, S.Pd.I bercerita bahwa masyarakat Segaralangu merupakan masyarakat yang majemuk. Selain Islam, ada masyarakat yang beragama Kristen, Budha, dan memilih sebagai penghayat kepercayaan.

Menurut Musthofa, para petugas pengurus jenazah, sejatinya sudah melakukan pelayanan kepada warga. Pada saat dia berkonsultasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa diperbolehkan dana hasil bagi pajak dipergunakan insentif petugas pengurus jenazah agama Kristen, Budha, dan Aliran Kepercayaan.

Kebijakan di Segaralangu akan berdampak pada pembauran masyarakat. Akan tumbuh kembang sikap toleransi dan saling menghargai dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*